Cara Cek Nomor Induk Siswa Nasional NISN dengan Mudah dan Cepat

  • Bagikan
Lupa NISN, Simak Cara Cek NISN Berdasarkan Nama Berikut
Lupa NISN, Simak Cara Cek NISN Berdasarkan Nama Berikut

Tutwuri.id – Nomor Induk Siswa Nasional atau NISN merupakan nomor identitas siswa yang tercatat dalam data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Nomor NISN ini sangat penting bagi siswa lantaran nomor ini juga yang akan digunakan untuk mengikuti Ujian Nasional serta mendaftar ke Perguruan Tinggi.

Sebelum membahas terkait cara cek Nomor NISN kamu sebelumnya harus tau apa itu NISN dan beserta tujuan dan manfaatnya berikut.

Apa Itu NISN?

Nomor Induk Siswa Nasional atau NISN merupakan kode pengenal atau identitas siswa yang berupa nomor unik yang berlaku selamanya.

Nomor induk siswa ini diberikan kepada setiap peserta didik yang terdaftar pada sekolah yang memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).

Tujuan Adanya NISN

Dihimpun dari laman Kemendikbud, NISN memiliki tujuan serta manfaat bagi peserta didik serta sekolah diantaranya.

  • Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  • Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  • Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.

Cara Cek NISN

Kode NISN berisi 10 digit nomor unik dengan tiga angka pertama merupakan tahun kelahiran siswa yang terdata. Jika kamu mengalami kesulitan dalam menghafal nomor NISN, kamu dapat melakukan pengecekan NISN melalui website Kemendikbud.

Cara Cek NISN Online

Untuk melakukan pengecekan NISN secara online, kamu dapat mengikuti panduan berikut.

1. Buka halaman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/

Halaman Pencarian NISN
Halaman Pencarian NISN

Langkah pertama kamu harus membuka halaman https://nisn.data.kemdikbud.go.id/ pastikan kamu sudah terhubung ke jaringan internet yang stabil agar tidak mengalami kendala.

2. Klik Menu Pencarian Nama

Cek NISN Berdasarkan Nama
Cek NISN Berdasarkan Nama

Jika kamu mencari NISN kamu, klik pada bagian Pencarian Nama pada laman NISN Kemendikbud.

Isi Data Pencarian Nama NISN

Isi Form Pencarian Nama NISN
Isi Form Pencarian Nama NISN

Lengkapi form isian dengan nama lengkap, kota kelahiran, tanggal lahir, serta nama ibu kandung. Selanjutnya sekesaikan captcha dan akhiri dengan klik cari data.

Hasil Pencarian NISN

Hasil pencarian NISN
Hasil pencarian NISN

Jika data yang kamu masukkan cocok, maka akan keluar nomor NISN siswa kamu, akan tetapi jika data yang kamu masukkan salah atau tidak terdata seperti diatas, kamu dapat langsung menghubungi ke pihak sekolah untuk dilakukan pengecekan.

Apabila NISN Tidak Ditemukan atau Memiliki NISN Ganda

Jika data kamu tidak terdaftar dalam NISN Kemendikbud atau memiliki dua nomor induk siswa nasional, kamu dapat langsung menghubungi pihak sekolah atau operator sekolah kamu.

Selanjutnya pihak operator sekolah akan melakukan validasi serta menghubungi operator pusat untuk melakukan revisi atau penambahan data apabila data belum masuk.

Hal ini juga berlaku apabila terdapat data yang salah mulai dari penulisan nama, tanggal lahir, hingga tempat lahir kamu dapat menghubungi langsung operator sekolah untuk selanjutnya diteruskan ke pusat

Itulah tadi pembahasan mengenai  cara cek NISN bagi siswa, agar lebih memudahkan screenshoot atau cetak nomor NISN kamu agar lebih mudah saat membutuhkannya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *