Dok Dok, Kemendikbud Ristek Rilis Aturan Jadwal Libur Sekolah Saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022

  • Bagikan
Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Nomor 32 Tahun 2021 Tentang Libur Nataru
Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Nomor 32 Tahun 2021 Tentang Libur Nataru

Tutwuri.id – Melalui Surat Edaran (SE) Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Nomor 32 Tahun 2021,  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) mengatur libur sekolah dan pengambilan rapor saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

Dalam surat edaran yang ditandatangani oleh Suharti selaku Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ristek mencatut beberapa poin yang mengacu pada instruksi  Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 66 Tahun 2021.

Pada aturan tersebut, terdapat beberapa point yang mengatur tentang libur peringatan Natal 2021 serta Tahun Baru 2022 mendatang.

Baca Juga: Jadi Klaster Sekolah, 113 Siswa dan Guru di Riau Terpapar Positif Covid-19 Pasca Swab Masal

Dalam aturan baru ini juga membatalkan aturan sebelumnya yang diatur dalam SE 29 Tahun 2021 yang meminta sekolah untuk tidak meliburkan peserta didik selama periode Natal dan Tahun Baru.

Aturan Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 Terbaru

  1. Dalam SE Nomor 32 Tahun 2021 tersebut menyebut bahwa Pemerintah Daerah (Pemda) sesuai dengan kewenangannya setiap tahun menetapkan kalender pendidikan yang memuat permulaan tahun ajaran, pengaturan waktu belajar efektif, dan pengaturan waktu libur.
  2. Seperti pada poin pertama, satuan pendidikan baik PAUD, SD, SMP, dan SMA tetap melakukan kegiatan pembelajaran, pembagian rapor, dan Libur sesuai dengan kalender pendidikan tahun ajaran 2021/2022.
  3. Seperti pada poin kedua, satuan pendidikan tidak diperkanan menambah hari libur kepada peserta didik diluar ketentuan kalender pendidikan yang ditetapkan pemerintah daerah.
  4. Tenaga pendidik tetap melaksanakan tugas kedinasan pada tiap satuan sesuai dengan kalender pendidikan.

Untuk pembagian rapor, baik satuan pendidikan tingkat PAUD, dasar, dan penengah dilakukan pada bulan Januari 2022 mendatang.

Baca Juga: Terkait Isu E-Sports Masuk Kurikulum Sekolah, Ini Kata Kemendikbud

Selain itu, bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak diperkenankan melakukan cuti selama libur natal dan tahun baru serta melakukan larangan mudik atau perjalanan luar kota bagi satuan pendidikan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *