Memiliki Bau Menyengat, Inilah Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Mengkudu Bagi Tubuh

  • Bagikan
Rahasia Manfaat Buah Mengkudu
Rahasia Manfaat Buah Mengkudu

Tutwuri.id – Mengkudu adalah tanaman yang berasal asli dari kawasan Asia Tenggara. Mengkudu memiliki buah yang berbentuk agak lonjong serta ada bintik bintik pada permukaan kulit buahnya.

Banyak masyarakat yang mengambil manfaat mengkudu sebagai bahan rujak, sayur, dan juga jus mengkudu.

Di dunia sendiri ada sekitar 80 jenis mengkudu yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Tapi hanya ada 20 jenis saja yang aman dan baik untuk di konsumsi.

Baca Juga: Sering Dibuang, Inilah 8 Manfaat Daun Pepaya Bagi Pengobatan dan Kesehatan Tubuh

Mengkudu memang memiliki banyak sekali khasiat yang terutama untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa kandungan di dalam mengkudu:

  1. Kandungan terpenoid: fungsi dari terpenoid adalah untuk membantu proses sintesis organic yang sangat penting bagi pemulihan sel yang ada di dalam tubuh.
  2. Kandungan Nutrisi: di dalam mengkudu terdapat kandungan protein, vitamin serta mineral yang tentunya sangat penting bagi tubuh. Di dalam buah mengkudu juga terdapat sifat anti oksidan yang bernama selenium yang sangat efektif.
  3. Kandungan anti Bakteri: Mengkudu juga memiliki kandungan anti bakteri yang dapat membunuh bakteri seperti Psedumonas aeruginosa, Escherichia coli, staphylococcus aureus, protens morgani. Selain itu mengkudu juga mampu membunuh bakteri yang berbahaya seperti pathogen.
  4. Kandungan Anti Kanker: di dalam manfaat mengkudu juga terdapat kandungan zat yang memiliki sifat anti kanker. Zat tersebut sangat efektif dalam melawan sel yang abnormal yang dapat menyebabkan tumbuhnya sel kanker.
  5. Senyawa yang bermanfaat: di dalam mengkudu juga terdapat banyak sekali kandungan senyawa yang bermanfaat bagi tubuh. senyawa tersebut antara lain plants sterois, alizarin, lycine, caprylic acid, sosium, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium.

Baca Juga: Sering Dijadikan Pagar, Inilah 8 Manfaat Tersembunyi Daun Beluntas bagi Kesehatan

Dengan banyaknya kandungan di dalam manfaat mengkudu maka tak heran jika banyak masyarakat yang menggunakannya sebagai pengobatan tradisional. Berikut ini beberapa khasiat mengkudu dalam menjaga kesehatan tubuh:

Meredakan sakit kepala

Manfaat mengkudu memiliki kandungan analgesic yang mampu meredakan sakit kepala. Banyak juga orang jaman dulu yang menggunakan mangkudu sebagai obat sakit kepala.

Menurunkan darah tinggi

Hipertensi atau darah tinggi adalah keadaan tubuh yang mengalami penyempitan pada pembuluh darah sehingga menyebabkan tekanan darah menjadi naik. Manfaat mengkudu sangat baik bagi para penderita darah tinggi. Kandungan xeroni di dalam mengkudu yang di percaya mampu membuat tekanan darah menjadi normal kembali. Selain xeronin manfaat mengkudu juga pada zat fitonutrien scopoletin yang juga mampu melebarkan kembali pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar kembali.

Sebagai Anti kanker

Di dalam manfaat mengkudu terdapat senyawa 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone yang sangat baik manfaatnya untuk mencegah terjadi kerusakan pada DNA sel. Jika DNA sel sampai mengalami kerusakan maka akan menyebabkan kanker. Selain zat tersebut, mengkudu juga mempunyai anti oksidan yang sangat efektif. Anti oksidan tersebut bertugas melawan sel kanker di dalam tubuh.

Mengatasi Asam Urat

Asam urat adalah salah satu penyakit yang banyak di derita masyarakat Indonesia. Jika tidak segera di tangani maka asam urat akan menimbulkan komplikasi lebih lanjut seperti jantung, stroke, dan juga kelumpuhan pada bagian yang terkena asam urat. Manfaat mengkudu sangat baik untuk mengatasi asam urat.

Mengobati diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit yang juga cukup berbahaya jika tidak segera di obati. Manfaat mengkudu juga mampu mengobati diabetes dengan kandungan zat proxeronine yang sangat baik untuk penderita diabetes.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *