Sering Dibuang, Inilah 8 Manfaat Daun Pepaya Bagi Pengobatan dan Kesehatan Tubuh

  • Bagikan
Manfaat Daun Pepaya
Manfaat Daun Pepaya

Tutwuri.id – Daun pepaya atau yang dikenal juga sebagai daun kates memiliki rasa yang teramat pahit. Namun, dibalik rasanya yang tak enak tersebut, ada sejuta manfaat daun pepaya bagi kesehatan.

Manfaat ini, bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi daun pepaya yang telah direbus atau bisa juga mengkonsummsinya sebagi jus.

Lalu, apa saja manfaat daun pepaya bagi kesehatan? Simak informasinya berikut ini.

Baca Juga: Sering Dijadikan Pagar, Inilah 8 Manfaat Tersembunyi Daun Beluntas bagi Kesehatan

Obat Penambah Nafsu Makan

Manfaat daun pepaya bagi kesehatan yang pertama adalah untuk menambah nafsu makan. Caranya, cukup sediakan satu lembar daun pepaya muda dan ½ sendok garam. Tumbuk daun pepaya hingga halus kemudian peras airnya. Tambahkan air hangat dan juga garam lalu aduk hingga rata, minum ramuan ini 2 hingga 3 kali sehari.

Melancarkan Pencernaan

Gangguan pencernaan makanan bisa berasal dari zat kimia, kekurangan serat maupun kelainan pada system pencernaan. Cara melancarkan pencernaan dengan menggunakan daun pepaya adalah dengan mengkonsumsi daun pepaya muda dalam bentuk tumisan atau masakan lainnya.

Meredakan nyeri haid

Manfaat daun pepaya selanjutnya adalah untuk mengatasi nyeri haid. Caranya, sediakan satu lembar daun pepaya muda, satu butir asam jawa dan garam secukupnya. Tumbuk daun pepaya dan asam jawa hingga halus. Setelah itu, ambil airnya dan tambahkan air hangat dan garam. Minum jamu tradisional ini secara rutin hingga nyeri haid berkurang.

Menghilangkan Jerawat Di Wajah

Tak hanya bagi kesehatan saja, daun pepaya juga memiliki manfaat bagi kecantikan, salah satunya adalah untuk menghilangkan jerawat. Cara menghilangkan jerawat dengan daun pepaya adalah menumbuk daun pepaya yang telah dijemur sebelumnya. Setelah itu, campurkan air hangat dan aduk hingga menjadi pasta. Gunakan pasta daun pepaya ini untuk mengolesi wajah yang berjerawat.

Mencegah Penyakit Kanker

Getah putih yang ada pada daun pepaya bukanlah getah biasa. Melainkan, getah yang memiliki kandungan anti kanker. Oleh karena itu, mengkonsumsi daun pepaya secara rutin dapat mencegah terjadinya kanker.

Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Manfaat daun pepaya selanjutnya adalah untuk menurunkan tekanan darah. Caranya, siapkan 5 lembar daun pepaya dengan ½ liter air hingga mendidih. Setelah itu, saring dan tambahkan gula batu atau madu. Minum ramuan ini selagi hangat dan hentikan ketika tekanan darah sudah mencapai angka normal.

  1. Mengobati Demam Berdarah

Manfaat daun pepaya yang seringkali tidak disadari adalah khasiatnya untuk mengobati demam berdarah. Cara mengobati demam berdarah dengan menggunakan daun pepaya adalah dengan mencampurkan 5 lembar daun pepaya, temulawak dan daun meniran secukupnya. Rebus campuran ini hingga mendidih lalu minum airnya hingga sembuh.

Melancarkan ASI Ibu Menyusui

Manfaat daun pepaya yang terakhir adalah untuk melancarkan ASI. Cara menggunakannya adalah dengan memanggang daun pepaya di atas api hingga layu. Selagi hangat, gunakan daun pepaya ini untuk mengompres payudara kecuali puting.

Baca Juga: Sering Disepelekan, Simak 10 Manfaat Luar Biasa Sawi Hijau Bagi Kesehatan Tubuh

Itulah manfaat daun pepaya bagi kesehatan yang harus Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan mengenai khasiat tanaman berkhasiat yang di sekitar Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *