Tutwuri.id – Jika anda membutuhkan referensi contoh soal Ulangan Harian (UH) atau Penilaian Harian (PH) untuk materi Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 1 Sumber Energi, anda dapat menemukanya melalui laman ini.
Materi soal UH kelas 4 tema 2 sub tema 1 ini terdiri dari 3 jenis soal yakni pilihan ganda, isian, serta essay yang disesuaikan dengan materi buku tematik kurikulum 2013 revisi 2020.
Contoh soal ini dapat anda jadikan sebagai acuan atau dasar penyusunan soal untuk siswa sekolah dasar dan dapat diedit sesuai dengan materi pembelajaran yang sudah bapak atau ibu ajarkan.
File contoh soal UH Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 1 Sumber Energi ini berupa file pdf, anda dapat langsung menggunakan converter pdf to word melalui layanan online yang tersedia.
Soal Penilaian Harian Tematik Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 1 Sumber Energi
Soal Pilihan Ganda
1. Sikap yang bisa kita teladani adalah ….
- a. mematikan lampu saat siang hari
- b. membiarkan televisi menyala saat tidur
- c. membiarkan lampu teras hidup pada siang hari
- d. menyalakan telvisi saat belajar
2. Orang yang melaksanakan kewajibannya dengan baik berarti ia telah ….
- a. menerima haknya
- b. melaksanakan tugas
- c. rela berkorban
- d. bertanggung jawab
3. Segala sesuatu yang harus kita lakukan dengan penuh tanggung jawab disebut ….
- a. hak
- b. kewajiban
- c. tanggung jawab
- d. tugas
4. Made tidak pernah kekurangan air bersih. Berarti Made telah ….
- a. menerima haknya
- b. melaksanakan tugas
- c. melakukan kewajibannya
- d. bertanggung jawab
5. Salah satu langkah percobaan untuk mengetahui bahwa jeruk nipis dapat menjadi sumber listrik adalah dengan menancapkan paku pada jerik nipis.
Gambar yang tepat untuk langkah kerja tersebut adalah ….
6. Perhatikan penggalan laporan percobaan berikut!
Alat dan bahan:
1. Dua helai sapu tangan
2. Ember
3. Air
Cara kerja:
1. Basahi kedua sapu tangan dengan air.
2. Jemur satu sapu tangan di tempat yang terkena sinar matahari.
3. Jemur sapu tangan yang lain di dalam ruang tertutup.
4. Sapu tangan yang terkena sinar matahari secara langsung akan lebih cepat kering.
5. Sapu tangan yang dijemur di ruangan tertutup lebih lama kering.
Dari penggalan laporan di atas, informasi yang kita peroleh adalah …
- a. Sapu tangan yang dijemur di dalam ruangan berbau lebih harum.
- b. Sapu tangan bisa kita basahi dengan air.
- c. Energi matahari bermanfaat untuk mengeringkan sapu tangan yang basah.
- d. Kegiatan mengeringkan sapu tangan membutuhkan energi air.
7. Perhatikan gambar berikut!
Kalimat petunjuk yang benar sesuai gambar tersebut adalah …
- a. Guntinglah kertas sesuai dengan pola layang-layang.
- b. Ikat bambu menggunakan benang.
- c. Jiplak pola layang-layang pada kertas.
- d. Rekatkan kertas pada bambu.
8. Perhatikan gambar berikut!
Kalimat petunjuk yang benar sesuai gambar tersebut adalah …
- a. Guntinglah kertas sesuai dengan pola layang-layang.
- b. Ikat bambu menggunakan benang.
- c. Jiplak pola layang-layang pada kertas.
- d. Rekatkan kertas pada bambu.
9. Pemanfaatan energi matahari sebagai sumber energi alternatif adalah ….
- a. sumber energi pembangkit listrik
- b. menjemur pakaian
- c. membakar sampah
- d. mengeringkan ikan asin
10. Sebagian besar energi alternatif yang ada di bumi digunakan sebagai sumber energi ….
- a. gerak
- b. panas
- c. cahaya
- d. listrik
11. Energi listrik dapat dihemat dengan cara ….
- a. membiarkan lampu menyala pada siang hari
- b. selalu memakai kendaraan pribadi
- c. menyalakan televisi walaupun tidak ada yang menonton
- d. menggunakan lampu neon
12. Kecepatan perputaran turbin pada kincir air dipengaruhi oleh ….
- a. derasnya aliran air
- b. suhu air
- c. tempat air mengalir
- d. arah laju air
13. Di bawah ini yang merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah ….
- a. karet
- b. kapur
- c. marmer
- d. besi
14. Berikut ini yang merupakan makanan hasil olahan dari singkong adalah ….
- a. combro
- b. bika ambon
- c. lumpia
- d. gudeg
15. Nasi merupakan salah satu sumber ….
- a. protein
- b. karbohidrat
- c. vitamin
- d. mineral
16. Perhatikan gambar berikut!
Nama tanaman obat pada gambar tersebut adalah ….
- a. pala
- b. merica
- c. temulawak
- d. cengkih
17. Perhatikan notasi berikut.
| 4 . . . | 2 . . . |
Nada tersebut dinyanyikan panjang selama …
- a. satu ketuk
- b. dua ketuk
- c. tiga ketuk
- d. empat ketuk
18. Lagu Kring-Kring Ada Sepeda memiliki tempo ….
- a. cepat
- b. lambat
- c. sedang
- d. agak lambat
19. Apresiasi seni musik dapat dilakukan saat ….
- a. mendengarkan musik atau lagu
- b. mengamati syair lagu
- c. melihat foto penyanyi terkenal
- d. melihat gambar alat musik
20. Notasi angka dengan tanda titik di bawahnya berarti dinyanyikan dengan nada ….
- a. tinggi
- b. rendah
- c. pendek
- d. panjang
Soal Isian
1. Mendaur ulang kertas termasuk kegiatan melaksanakan … menghemat penggunaan kertas.
2. Kelestarian lingkungan dapat dijaga dengan sikap … dan ….
3. Gambar yang baik mampu memuat … yang ingin disampaikan.
4. Perhatikan gambar berikut!
Dari gambar di atas, kita bisa menemukan informasi tentang ….
5. Kutub positif pada rangkaian baterai buah terletak di bagian ….
6. Sel surya dapat mengubah energi matahari menjadi energi ….
7. Supaya sumber daya alam tidak cepat habis maka kita harus melakukan ….
8. Perhatikan gambar berikut!
Nama tanaman obat pada gambar tersebut adalah ….
9. Tempo sedang disebut juga ….
10. Nada-nada yang dinyanyikan secara berangkai atau saling menyambung dan tidak terputus-putus
ditandai oleh ….
Soal Essay/Uraian
1. Lengkapilah bagan tentang kewajiban menghemat energi berikut!
2. Perhatikan penggalan laporan percobaan berikut ini!
Alat dan bahan:
1. Gabus
2. Gelas plastik bekas kemasan air mineral
3. Stik es krim
4. Bilah bambu
5. Lem
6. Jangka
7. Spidol
8. Pisau cutter
9. Gunting
Langkah-langkah membuat:
1. Ambil lembaran gabus. Buatlah poros kincir dengan diameter 10 cm.
2. Ambil gelas plastik bekas kemasan air mineral. Buatlah bilah kincir dengan ukuran 10 cm x 3 cm sebanyak 10 buah.
3. Bagi poros menjadi 10 bagian.
4. Tandai dengan spidol kemudian iris sedalam 3 cm.
5. Tusukkan stik es krim pada setiap poros.
6. Rekatkan bilah gelas plastik pada semua stik es krim.
7. Tusukkan bilah bambu pada tengah poros.
8. Kincir air siap digunakan.
9. Hidupkan kran, lalu arahkan kincir pada air kran. Kincir air akan berputar dengan bantuan energi air.
Tuliskan 2 buah informasi yang bisa kita dapatkan dari penggalan laporan percobaan di atas!
3. Sebutkan tiga manfaat energi matahari bagi makhluk hidup!
4. Bagaimana cara menjaga ketersediaan sumber daya alam batu bara?
5. Tuliskan lanjutan solmisasi notasi angka pada penggalan lagu Menanam Jagung berikut.
Download Soal dan Kunci Jawaban UH Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 1
Soal UH Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 1
Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 2 Sub Tema 1