Tutwuri.id – Jika anda membutuhkan referensi contoh soal Tematik Ulangan Harian (UH) atau Penilaian Harian (PH) untuk materi Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2 Keberagaman Makhluk Hidup Dilingkunganku, anda dapat menemukanya melalui laman ini.
Materi soal UH kelas 4 tema 3 sub tema 2 ini terdiri dari 3 jenis soal yakni pilihan ganda, isian, serta essay yang disesuaikan dengan materi buku tematik kurikulum 2013 revisi 2020.
Contoh soal ini dapat anda jadikan sebagai acuan atau dasar penyusunan soal untuk siswa sekolah dasar dan dapat diedit sesuai dengan materi pembelajaran yang sudah bapak atau ibu ajarkan.
File contoh soal UH Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2 Keberagaman Makhluk Hidup Dilingkunganku Hari ini berupa file pdf, anda dapat langsung menggunakan converter pdf to word melalui layanan online yang tersedia.
Soal Ulangan Harian Tematik Kelas 4 Tema 3 Sub Tema 2 Keberagaman Makhluk Hidup Dilingkunganku
Soal Pilihan Ganda
1. Kita berkewajiban menjaga kelestarian habitat hewan liar supaya ….
- a. keseimbangan alam terjaga
- b. ketidakseimbangan alam terjadi
- c. jumlah hewan liar berkurang
- d. kelestarian hewan liar terancam
2. Hewan peliharaan yang sakit harus segera kita obati agar ….
- a. hewan peliharaan tidak mencuri makanan di rumah
- b. orang lain tidak terganggu oleh bau kotoran hewan
- c. lingkungan bersih dari kotoran dan bau hewan peliharaan
- d. penyakit tidak menular ke hewan peliharaan orang lain
3. Melaksanakan kewajiban merawat hewan peliharaan membuat ….
- a. hewan peliharaan pergi dari rumah
- b. hewan peliharaan kurus
- c. hewan peliharaan sehat dan patuh
- d. hewan peliharaan kotor
4. Kita mempunyai … menjual hewan peliharaan tertentu seperti ayam dan ikan.
- a. beban
- b. kewajiban
- c. hak
- d. tugas
5. Percakapan yang dilakukan oleh dua pihak untuk mendapat keterangan suatu hal disebut ….
- a. reportase
- b. berita
- c. wawancara
- d. dialog
6. Perhatikan penggalan jawaban narasumber berikut!
Jawaban narasumber : Kupu-kupu memiliki 3 pasang kaki.
Kalimat pertanyaan wawancara yang tepat untuk jawaban narasumber di atas adalah …
- a. Di mana letak kaki kupu-kupu?
- b. Bagaimana proses perkembangbiakan kupu-kupu?
- c. Berapa jumlah kaki kupu-kupu?
- d. Apa fungsi kaki pada kupu-kupu?
7. Hal pertama yang harus dilakukan pewawancara sebelum memulai wawancara adalah ….
- a. membuat janji dengan narasumber
- b. bersikap santun kepada narasumber
- c. membuat daftar pertanyaan
- d. memperkenalkan diri
8. Salah satu sikap dan keterampilan yang harus dimiliki pewawancara pada tahap saat melakukan wawancara adalah ….
- a. memotong penjelasan narasumber jika dirasa jawabannya keluar dari topik
- b. mengulang jawaban narasumber
- c. membuat kesimpulan dari informasi yang didapat
- d. membuat janji dan izin kepada narasumber
9. Perhatikan gambar berikut ini!
Bagian tubuh burung yang berfungsi untuk mengatur pergerakan saat terbang ditunjukkan oleh nomor ….
- a. nomor 1
- b. nomor 2
- c. nomor 3
- d. nomor 4
10. Katak beradaptasi dengan cara melompat. Katak melompat menggunakan ….
- a. tangan
- b. kaki
- c. badan
- d. perut
11. Burung cenderawasih terkenal dengan keindahan ….
- a. paruhnya
- b. kicauannya
- c. ekornya
- d. bulunya
12. Berkurangnya jumlah burung cenderawasih dapat disebabkan oleh ….
- a. perburuan liar
- b. perlindungan yang baik
- c. habitat yang memadai
- d. perkembangbiakan yang cepat
13. Hewan di bawah ini yang tergolong hewan langka adalah ….
- a. domba
- b. anoa
- c. udang
- d. kuda
14. Burung cenderawasih dapat hidup di daerah ….
- a. pantai
- b. dataran rendah
- c. dataran tinggi
- d. pegunungan
15. Hewan yang memiliki perekat pada kakinya adalah ….
- a. bebek
- b. ayam
- c. kucing
- d. cicak
16. Kupu-kupu trogon terdapat di ….
- a. Jawa
- b. Kalimantan
- c. Sulawesi
- d. Papua
17. Berikut ini yang bukan alat dan bahan membuat mozaik adalah ….
- a. kertas gambar
- b. lem kertas
- c. penjepit kertas
- d. cangkang telur
18. Hal berikut perlu kita perhatikan saat menyusun mozaik, kecuali ….
- a. perpaduan bahan
- b. komposisi warna
- c. kerapian bahan yang ditempel
- d. gambar pola
19. Mozaik biasanya dibuat dari kepingan-kepingan kecil berbahan ….
- a. lembut
- b. keras
- c. lunak
- d. halus
20. Agar dapat melakukan apresiasi seni, kita harus ….
- a. melihat karya yang dipamerkan
- b. membeli buku tentang karya seni
- c. membuat suatu karya seni
- d. memahami cara membuat karya seni
Soal Isian
1. Kita memiliki … melestarikan harimau dan cenderawasih.
2. Perhatikan gambar berikut!
Gambar tersebut menunjukkan bahwa manusia tidak memberikan … hewan.
3. Setelah membuat daftar pertanyaan wawancara, kita bisa mengelompokkan daftar pertanyaan tersebut sesuai ….
4. Dalam laporan hasil wawancara, setelah menuliskan latar belakang kita menuliskan ….
5. Antena yang terdapat di kepala kumbang berfungsi untuk ….
6. Burung cenderawasih dijuluki burung … karena keindahan bulunya.
7. Kelelawar hidup di ….
8. Hewan yang hidup di dataran tinggi biasanya memiliki bulu yang ….
9. Kita bisa menentukan apakah karya tersebut baik, indah, atau tidak pada tahap kegiatan ….
10. Contoh bahan keras untuk membuat mozaik yaitu pecahan ….
Soal Essay/Uraian
1. Apa yang dimaksud dengan perburuan liar?
2. Tuliskan 6 hal yang harus dicantumkan pada laporan hasil wawancara!
3. Sebutkan 5 bagian tubuh burung dan jelaskan fungsinya!
4. Bagaimana cara melestarikan udang?
5. Ketika membuat mozaik, biasanya bahan yang digunakan tidak perlu diwarnai. Mengapa demikian?