Soal  

Soal Ulangan Harian Kelas 6 Tema 1 Sub Tema 3 Lestarikan Hewan dan Tumbuhan

Soal Ulangan Harian Kelas 6 Tema 1 Sub Tema 3
Soal Ulangan Harian Kelas 6 Tema 1 Sub Tema 3

Tutwuri.id – Jika anda membutuhkan referensi contoh soal Ulangan Harian (UH) atau Penilaian Harian (PH) untuk materi Kelas 6 Tema 1 Sub Tema 3 Lestarikan Hewan dan Tumbuhan, anda dapat menemukanya melalui laman ini.

Materi soal UH kelas 6 tema 1 sub tema 3 ini terdiri dari 3 jenis soal yakni pilihan ganda, isian, serta essay atau uraian yang disesuaikan dengan materi buku tematik kurikulum 2013 revisi 2020.

Contoh soal ini dapat anda jadikan sebagai acuan atau dasar penyusunan soal untuk siswa sekolah dasar dan dapat diedit sesuai dengan materi pembelajaran yang sudah bapak atau ibu ajarkan.

File contoh soal UH Kelas 6 Tema 1 Sub Tema 3 Lestarikan Hewan dan Tumbuhan ini berupa file pdf, anda dapat langsung menggunakan converter pdf to word melalui layanan online yang tersedia

Soal Penilaian Harian Tematik Kelas 6 Tema 1 Sub Tema 3 Lestarikan Hewan dan Tumbuhan

Soal Pilihan Ganda

1. Toleransi dalam beragama merupakan salah satu nilai dari sila yang berlambang ….

  • a. padi dan kapas
  • b. kepala banteng
  • c. bintang
  • d. rantai

2. Bersyukur atas udara yang sejuk di taman bermain merupakan perilaku yang sesuai dengan sila … Pancasila.

  • a. pertama
  • b. kedua
  • c. ketiga
  • d. keempat

3. Mau berbagi kepada teman merupakan sikap yang sesuai dengan sila … Pancasila.

  • a. pertama
  • b. kedua
  • c. ketiga
  • d. keempat

4. Tidak memaksakan kehendak saat berdiskusi sesuai dengan nilai sila yang berlambang ….

soal gambar pancasila kelas 6

Teks berikut digunakan untuk menjawab 3 soal di bawahnya.
Perhatikan teks berikut!

Hewan dan tumbuhan langka perlu dilestarikan agar tidak punah. Pemerintah dan masyarakat bekerja sama untuk melestarikan hewan dan tumbuhan langka. Misalnya dengan membuat cagar alam dan suaka margasatwa. Selain cagar alam dan suaka margasatwa, pemerintah juga melakukan usaha lain untuk melestarikan hewan dan tumbuhan langka. Misalnya dengan membuka wilayah konservasi penyu. Tempat penangkaran penyu biasanya didirikan di sekitar pantai. Hal ini dikarenakan penyu akan bertelur dan menetas di pasir pantai.

5. Sesuai teks laporan, mengapa hewan dan tumbuhan langka perlu dilestarikan?

  • a. Hewan dan tumbuhan langka perlu dilestarikan agar dapat dimanfaatkan dengan baik.
  • b. Hewan dan tumbuhan langka perlu dilestarikan agar pemerintah saling bekerja sama.
  • c. Hewan dan tumbuhan langka perlu dilestarikan agar tidak punah.
  • d. Hewan dan tumbuhan langka perlu dilestarikan agar dibangun wilayah konservasi.

6. Gagasan pokok teks laporan tersebut adalah ….

  • a. tempat penangkaran penyu
  • b. perkembangbiakan penyu
  • c. pendirian wilayah konservasi penyu
  • d. usaha pelestarian hewan dan tumbuhan langka

7. Arti kata konservasi pada teks laporan tersebut adalah ….

  • a. (perbuatan) kerja sama untuk membuat sesuatu
  • b. penggabungan dua ide atau lebih yang ada di bawah kesadaran dan muncul sebagai ide tunggal pada kesadaran
  • c. hubungan timbal balik atau sebab-akibat
  • d. pemeliharaan dan pelindungan sesuatu secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan dengan jalan mengawetkan; pengawetan; pelestarian

8. Perhatikan teks laporan berikut!

Burung cenderawasih adalah kelompok burung yang tergolong ke dalam famili Paradisaeidae. Burung cenderawasih bisa ditemukan di hutan hujan tropis di wilayah Indonesia Timur, Papua Nugini, New Guinea, dan Australia Timur. Burung cenderawasih merupakan hewan pemakan segala. Makanan utama burung ini adalah buah. Namun, burung cenderawasih juga memakan serangga, udang, dan laba-laba dalam jumlah kecil.

Pertanyaan yang sesuai dengan isi teks laporan adalah ….

  • a. Di mana kita bisa menemukan burung cenderawasih?
  • b. Mengapa burung cenderawasih termasuk famili Paradisaeidae?
  • c. Bagaimana perkembangbiakan burung cenderawasih?
  • d. Mengapa burung cenderawasih perlu dilestarikan?

9. Setek dan okulasi merupakan perkembangbiakan secara ….

  • a. vegetatif alami
  • b. vegetatif buatan
  • c. generatif alami
  • d. generatif buatan

10. Contoh tumbuhan yang dapat dikembangbiakkan dengan setek daun adalah ….

  • a. mawar dan bambu
  • b. mangga dan jambu
  • c. singkong dan bayam
  • d. cocor bebek dan begonia

11. Teknik okulasi dilakukan dengan menempelkan ….

  • a. batang dan mata tunas
  • b. batang dan daun
  • c. batang dan buah
  • d. batang dan akar

12. Keunggulan tumbuhan yang berkembang biak dengan mencangkok adalah ….

  • a. tumbuhan cepat besar dan berbuah
  • b. tumbuhan mempunyai akar yang kuat
  • c. tumbuhan mempunyai daun yang lebat
  • d. tumbuhan mempunyai batang yang kuat

13. Negara berikut yang pernah menjajah Indonesia adalah ….

  • a. Tiongkok
  • b. Spanyol
  • c. Belanda
  • d. Rusia

14. Negara anggota ASEAN berikut yang memiliki kepala negara seorang sultan adalah ….

  • a. Brunei Darussalam
  • b. Indonesia
  • c. Kamboja
  • d. Filipina

15. Berikut ini yang bukan merupakan faktor penghambat kerja sama negara ASEAN adalah ….

  • a. keamanan negara
  • b. agama suatu negara
  • c. perang antarnegara
  • d. kebijakan pemerintah

16. Perjanjian yang menetapkan Laos sebagai sebuah negara yang bebas dan netral adalah ….

  • a. Perjanjian Saragosa
  • b. Perjanjian Versailles
  • c. Perjanjian Geneva
  • d. Perjanjian London

17. Teknik mewarnai patung yang menghasilkan warna tebal dan pekat yaitu teknik ….

  • a. Aquarel
  • b. Plakat
  • c. Blok
  • d. Cor

18. Bahan dasar cat akrilik yaitu ….

  • a. air
  • b. minyak
  • c. tepung
  • d. karet

19. Salah satu seniman patung Indonesia adalah ….

  • a. Edhi Sunarso
  • b. Asrul Sani
  • c. Khairil anwar
  • d. WS Rendra

20. Berikut yang tidak termasuk persiapan pameran patung adalah ….

  • a. menentukan patung-patung yang akan dipajang
  • b. menata meja dan ruang pameran
  • c. menyusun patung-patung secara menarik
  • d. memotret patung-patung menggunakan handphone

 

Soal Isian

1. Tidak berbuat curang saat bermain menunjukkan perilaku yang sesuai dengan sila … Pancasila.
2. Melakukan permainan yang telah disiskusikan bersama sesuai dengan sila … Pancasila.
3. Perhatikan teks laporan berikut!

Kerusakan hutan diperparah dengan maraknya penebangan liar. Penebangan pohon hutan yang tidak terkendali menyebabkan hewan-hewan kehilangan sumber makanan dan tempat tinggal. Banyak hewan hutan yang akhirnya terpaksa mencari sumber makanan ke permukiman penduduk. Namun, hewan-hewan tersebut seringkali diburu manusia karena dianggap meresahkan. Akibatnya, hewan-hewan hutan lama-kelamaan akan punah akibat kelaparan dan perburuan.

Informasi penting dari teks laporan tersebut adalah ….
4. Agar tidak menyinggung perasaan, saat memberikan komentar terhadap kesimpulan yang sudah dibuat orang lain kita gunakan bahasa yang ….
5. Perkembangbiakan tumbuhan dengan cara menyambung disebut juga ….
6. Perkembangbiakan tumbuhan dengan cara menguapas kulit batang dan memberikan tanah agar akar dapat tumbuh pada batang disebut ….
7. Hanoi merupakan ibu kota negara ….
8. Kepala negara Thailand adalah seorang ….
9. Sebutan lain dari cat poster adalah ….
10. Langkah pertama sebelum mengadakan pameran patung adalah … dan … karya patung.

Soal Essay/Uraian

1. Apa yang harus kita lakukan setelah mengetahui nilai-nilai Pancasila?
2. Perhatikan teks laporan berikut!

Hewan merupakan anugerah yang Tuhan berikan kepada kita. Setiap hewan memiliki manfaat bagi lingkungan. Misalnya, harimau sumatra yang dapat menjaga kestabilan rantai makanan sehingga keseimbangan ekosistem terjaga. Selain itu, keberadaan harimau juga dapat melindungi hutan.

Tentukan gagasan pokok teks laporan tersebut!
3. Apa saja keuntungan mencangkok?
4. Sebutkan negara anggota ASEAN yang pernah dijajah oleh Inggris!
5. Ale mewarnai patung menggunakan cat poster. Apa yang dimaksud dengan cat poster?

Download Soal dan Kunci Jawaban UH Kelas 6 Tema 1 Sub Tema 3

Soal UH Kelas 6 Tema 1 Sub Tema 3

Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 1 Sub Tema 3

Tinggalkan Balasan