Tutwuri.id – Jika anda membutuhkan referensi contoh soal Ulangan Harian (UH) atau Penilaian Harian (PH) untuk materi Kelas 6 Tema 2 Sub Tema 3 Bersatu Kita Teguh, anda dapat menemukanya melalui laman ini.
Materi soal UH kelas 6 tema 2 sub tema 3 ini terdiri dari 3 jenis soal yakni pilihan ganda, isian, serta essay yang disesuaikan dengan materi buku tematik kurikulum 2013 revisi 2020.
Contoh soal ini dapat anda jadikan sebagai acuan atau dasar penyusunan soal untuk siswa sekolah dasar dan dapat diedit sesuai dengan materi pembelajaran yang sudah bapak atau ibu ajarkan.
File contoh soal UH Kelas 6 Tema 2 Sub Tema 3 Bersatu Kita Teguh ini berupa file pdf, anda dapat langsung menggunakan converter pdf to word melalui layanan online yang tersedia.
Soal Penilaian Harian Tematik Kelas 6 Tema 2 Sub Tema 3 Bersatu Kita Teguh
Soal Pilihan Ganda
1. Bangsa yang bersatu akan semakin ….
- a. mundur
- b. tertinggal
- c. maju
- d. dijajah
2. Perilaku berikut mencerminkan persatuan dalam kehidupan sehari-hari, kecuali ….
- a. Mengikuti kegiatan kerja bakti di sekolah.
- b. Mengikuti upacara bendera dengan khidmat.
- c. Mempelajari budaya dari daerah lain.
- d. Mencegah berlangsungnya festival budaya.
3. Mendahulukan kepentingan bersana akan ….
- a. menimbulkan kerusuhan di masyarakat
- b. menimbulkan pertengkaran antarbudaya
- c. menciptakan kerukunan dalam perbedaan
- d. mengurangi persatuan masyarakat
4. Yang dapat menyebabkan kehancuran bangsa Indonesia adalah ….
- a. hilangnya rasa saling menghargai
- b. hilangnya rasa individualis masyarakat
- c. meningkatnya rasa saling percaya
- d. meningkatnya jumlah lapangan kerja
Teks berikut digunakan untuk menjawab 2 soal di bawahnya.
Perhatikan teks berikut!
Sang Saka Merah Putih memiliki sejarah tersendiri. Warna merah pada bendera Indonesia mencerminkan keberanian. Sementara itu, warna putih mencerminkan kesucian. Bendera asli Indonesia terakhir dikibarkan pada 17 Agustus 1967 di Istana Merdeka. Setelah itu, bendera Indonesia disimpan di Monumen Nasional. Pada tahun-tahun berikutnya, yang dikibarkan adalah bendera tiruannya. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga bendera pusaka agar tidak rusak dan dapat dikenang oleh generasi penerusnya.
5. Pertanyaan berikut yang tidak sesuai dengan isi teks adalah ….
- a. Apa arti warna merah dan putih pada bendera Indonesia?
- b. Kapan bendera asli Indonesia terakhir dikibarkan?
- c. Mengapa setelah tahun 1967 bangsa Indonesia menggunakan bendera tiruan untuk dikibarkan?
- d. Siapa yang menyimpan bendera pusaka di Monumen Nasional?
6. Informasi pada teks berdasarkan aspek mengapa yang tepat adalah ….
- a. untuk menjaga Sang Saka Merah Putih agar tidak rusak
- b. warna putih mencerminkan kesucian
- c. Sang Saka Merah Putih yang asli disimpan di Monumen Nasional
- d. Sang Saka Merah Putih dikibarkan terakhir pada 17 Agustus 1967
7. Pertanyaan berikut yang tidak sesuai dengan isi teks adalah ….
- a. Apa arti warna merah dan putih pada bendera Indonesia?
- b. Kapan bendera asli Indonesia terakhir dikibarkan?
- c. Mengapa setelah tahun 1967 bangsa Indonesia menggunakan bendera tiruan untuk dikibarkan?
- d. Siapa yang menyimpan bendera pusaka di Monumen Nasional?
8. Hewan yang dimanfaatkan daging dan susunya adalah ….
- a. sapi
- b. ikan
- c. bebek
- d. ayam
9. Tumbuhan yang dapat digunakan untuk mengobati diare adalah ….
- a. daun bayam
- b. daun pepaya
- c. daun jambu biji
- d. daun kumis kucing
10. Tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai bahan sandang adalah ….
- a. kapas
- b. pinus
- c. beluntas
- d. pohon jati
11. Tumbuhan yang dapat menahan gelombang besar adalah ….
- a. beluntas
- b. mahoni
- c. jati
- d. bakau
12. ORI ditandatangani oleh A.A. Maramis yang saat itu menjabat sebagai ….
- a. menteri keuangan
- b. menteri ekonomi
- c. menteri perdagangan
- d. menteri kemakmuran
13. Tempat dan tanggal pada naskah proklamasi tercantum ….
- a. Djakarta, hari 17 boelan Agustus tahun 05
- b. Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 1945
- c. Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 45
- d. Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
14. Tanam paksa terjadi pada zaman penjajahan ….
- a. Jepang
- b. Inggris
- c. Belanda
- d. Portugis
15. Sistem multipartai di Indonesia pada masa awal kemerdekaan bertujuan untuk ….
- a. menghargai jasa-jasa perjuangan partai politik sebelum Indonesia merdeka
- b. mengikuti saran Sekutu agar mendapat simpati internasional
- c. menegakkan sistem pemerintahan berdasarkan demokrasi
- d. mendidik masyarakat agar berpolitik praktis
16. Tari Mandau berasal dari daerah ….
- a. Jawa
- b. Dayak
- c. Sumatera
- d. Bali
17. Tari Tor-Tor berasal dari daerah ….
- a. Sumatera Utara
- b. Jawa Barat
- c. Jakarta
- d. Bali
18. Pola lantai adalah gerak dalam ….
- a. duduk
- b. berjalan
- c. berlari
- d. menari
19. Gerakan maju mundur, menyamping, diagonal, atau serong termasuk pola lantai ….
- a. lengkung
- b. lurus
- c. semi lurus
- d. semi lengkung
Soal Isian
1. Pembangunan yang berkesinambungan dan merata akan menjamin … rakyat.
2. Jika negara terpecah belah dan tidak aman, maka pembangunan akan ….
3. Perhatikan kalimat berikut!
Naskah Proklamasi yang otentik disimpan di museum sejarah.
Perbaikan dari kata yang dicetak miring adalah ….
4. Kata baku biasanya digunakan dalam situasi ….
5. Keong sawah banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan karena mengandung ….
6. Perhatikan gambar berikut!
Kerajinan pada gambar di atas terbuat dari hewan ….
7. Bank Tabungan Pos sekarang berganti nama menjadi ….
8. Program pinjaman nasional yang dilaksanakan oleh menteri keuangan pada masa awal kemerdekaan mengalami ….
9. Pola lantai harus dilakukan sesuai dengan … tari.
10. Pola lantai yang digunakan dalam tari Rejang Dewa dari Bali adalah ….
Soal Essay/Uraian
1. Apa makna \”Bersatu kita teguh\”?
2. Perhatikan teks sejarah berikut!
Pada tanggal 20 Mei 1908, didirikan sebuah organisasi pemuda di Jakarta. Organisasi tersebut bernama Budi Utomo. Ide untuk mendirikan organisasi tersebut digagas oleh dr. Wahidin Sudirohusodo dan Sutomo.
Buatlah dua buah pertanyaan sesuai teks sejarah tersebut!
3. Mengapa tumbuhan dapat menyejukkan udara?
4. Jelaskan tujuan diadakannya konferensi ekonomi pada masa awal kemerdekaan!
5. Sebutkan pola lantai tari daerah berikut!
- Tari Kecak
- Tari Piring
- Tari Sekapur Sirih
Download Soal dan Kunci Jawaban UH Kelas 6 Tema 2 Sub Tema 3
Soal UH Kelas 6 Tema 2 Sub Tema 3
Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Sub Tema 3