Lakukan Kunjungan ke Tsukuba University, Atdikbud Tokyo Tawarkan Kerjasama Akademik

  • Bagikan
Atdikbud RI Saat Lakukan Kunjungan ke University of Tsukuba
Atdikbud RI Saat Lakukan Kunjungan ke University of Tsukuba

Tutwuri.id – Atase Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia di Tokyo (Atdikbud RI)  Yusli Wardiatno, melakukan lawatan ke University of Tsukuba (UoT) di Kota Tsukuba yang terletak di Prefektur Ibaraki Jepang.

Dalam lawatan tersebut, Atdikbud  didampingi oleh dua sekertaris Shandy Amisadai dan Trya Paramita Oktanurin saat melakukan kunjungan ke Universitas yang berjarak 60 Km dari pusat kota Tokyo tersebut.

Dalam keteranganya, Yusli menyebut UoT merupakan salah satu dari  11 perguruan tinggi di Jepang yang masuk kategori dapat menjadi mitra Program IISMA Kemdikbudristek berdasarkan QS World University Ranking 2022.

Baca Juga: Dukung Penyaluran Dana BOS, Kemendikbud Ristek Canangkan Standarisasi Rekening Sekolah

Kedatangan Atdikbud disambut oleh Kazuyoshi Watanabe, Associate Head, Bureau of Global Initiatives dan beberapa profesor serta staf seperti Nakao Nomura, Yukari Kobayashi dan Yoko Matsuzawa.

Atdikbud Yusli, dalam kunjungannya, menawarkan kerja sama akademik dalam beberapa bidang yang sedang menjadi fokus pengembangan kerja sama oleh KBRI Tokyo, seperti bidang kesehatan, energi baru dan terbarukan, keamanan pangan dan bidang terkait lainnya.

“Sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Jepang, UoT sangat potensial untuk dijadikan mitra riset dan kegiatan akademik lainnya bagi perguruan tinggi Indonesia. Di kompleks kampusnya pun terdapat berbagai pusat riset yang berafiliasi dengan beberapa universitas besar lain serta pusat penelitian. Jadi, atmosfer akademiknya sangat menunjang untuk kerja sama akademik,” papar Atdikbud Yusli yang disambut respons positif pihak UoT, Jumat, (10/12).

Selain itu, Atdikbud juga meminta agar UoT dalam waktu dekat bersedia menjadi tempat promosi budaya Indonesia sebagai pelengkap acara Studium Generale Duta Besar RI untuk Jepang di kampus di hadapan mahasiswa Jepang. Baik tawaran kerja sama akademik dan promosi budaya disambut baik oleh Watanabe.

Baca Juga: Dok Dok, Kemendikbud Ristek Rilis Aturan Jadwal Libur Sekolah Saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022

Akhir kunjungan Atdikbud Yusli Wardiatno ditutup dengan menemui para mahasiswa yang tergabung dalam Persatuan Pelajar Indonesia Ibaraki secara luring dan daring untuk menjelaskan beberapa layanan pendidikan serta memberikan semangat dan motivasi dalam penyelesaian studi. Mahasiswa juga diberikan informasi terkait layanan konsuler oleh kedua orang staf dari Fungsi Protokol dan Konsuler.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *