Dibalik Rasanya yang Pedas, Inilah 5 Manfaat Cabai Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

  • Bagikan
Manfaat Cabai
Manfaat Cabai

Tutwuri.id – Mungkin hanya sebagian kecil orang saja yang tidak suka cabai. Didaerah tertentu cabai harus selalu ada disetiap masakan. Rasa pedas yang ditimbulkan mampu mengundang selera setiap kali makan. Manfaat cabai sebenarnya bukan menimbulkan rasa pedas saja.

Ada beberapa cara mengkonsumsi cabai, kita bisa menggunakan dalam bentuk serbuk, dikonsumsi ketika masih segar, dan ada juga cabai dalam bentuk pasta. Cabai dalam bentuk kemasan sudah banyak beredar dipasaran, produknya pun bervariasi tingkat pedasnya.

Mulai dari level rendah hingga pada tingkat rasa pedas yang tinggi. Cabai yang masih segar biasanya kita konsumsi untuk lalapan, sambal, juga kita pakai untuk tambahan pada sayuran. Sedangkan dalam bentuk pasta, kita sering menjumpai pada makanan jepang atau disebut dengan wasabi.

Banyak orang yang menuding jika cabai adalah penyebab masalah sakit perut. Tidak, argumen tersebut tidak 100 persen benar. Jika benar bisa jadi anda mengkonsumsi cabai terlalu banyak. Manfaat cabai justru salah satunya adalah meredam gangguan pada perut.

Baca Juga: Dipercaya Kaya Manfaat, Inilah 6 Khasiat Manjur Kencur Bagi Pengobatan Tradisional

Jenis cabai beraneka ragam, tersebar diberbagai benua, hingga masuk di negara-negara asia. Tanaman yang juga memiliki beberpa jenis warna ini berasal dari daratan Amerika.

Namun tahukah jika zaman dahulu manfaat cabai dipakai untuk obat ?Orang zaman dahulu menggunakan cabai sebagai obat karena rasa pedas apabila ditelan. Sebagian juga menggunakan cabai sebagai obat oles karena efek panas yang ditimbulkan.

Beberapa manfaat cabai yang belum banyak diketahui masyarakat umum, diantaranya adalah:

Manfaat cabai digunakan untuk melancarkan saluran

Mitos yang berkembang dimasyarakat adalah ketika kita makan cabai menyebabkan perut menjadi sakit. Hal ini tidak sepenuhnya benar, kemungkinan sakit perut jika mengkonsumsi cabai terlalu banyak.

Melalui penelitian yang dikembangkan cabai justru dapat membantu berbagai masalah yang berhubungan dengan pencernaan.

Seperti rasa yang tidak nyaman pada perut (dispepsia), meredakan kram perut, dapat mengurangi diare, menyembuhkan nyeri perut, dapat mengeluarkan gas pada usus.

Manfaat cabai dapat mengurangi masalah tukak lambung

Dalam sebuah penelitian ilmiah, mengkonsumsi cabai akan memiliki resiko lebih rendah menderita tukak lambung (stomach ulcer). Perbandingannya pun cukup tinggi, orang yang mengkonsumsi cabai sebanyak 24 kali selama satu bulan resiko mengalami tukak lambung lebih rendah dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi cabai sebanyak 8 kali setiap bulan.

Sekarang penderita tukak lambung tidak perlu menghindari mengkonsumsi cabai, penelitian telah membuktikan jika cabai adalah penyebab terjadinya tukak lambung. Capsaicinatau kapsaisin (kandungan pada cabai yang menyebabkan rasa pedas) tidak menstimulasi adanya pembentukan asam lambung.

Justru mencegah terjadinya asam lambung. Capsaicin sebenarnya dapat menstimulasi kondisi basa pada lambung serta memperlancar peredaran darah yang berfungsi untuk mencegah tukak lambung hingga dapat mengobati tukak lambung.

Kaya akan nutrisi

Kandungan Nutrisi Cabai
Kandungan Nutrisi Cabai

Kalori yang terdapat dalam cabai sangat rendah, terdapat kandungan serta dan berbagai nutrisi yang bermanfaat. Beberapa kandungan dalam cabai seperti vitamin A, vitamin C, kalium, asam folat, magnesium, zat besi dan kalium. Dalam kandungan cabai terdapat vitamin C yang mampu membantu penyerapan tubuh dari asupan makanan lain dan zat besi.

Manfaat cabai untuk membantu meurunkan berat badan

Cabai mampu membantu menurunkan berat badan, ini disebabkan karena cabai dapat meningkatkan metabolisme tubuh. kandungan capsaicin dalam cabai dapat mendorong naiknya suhu tubuh dan membuat tubuh lebih berenergi

Manfaat cabai sebagai pencegah diabetes dan kanker

Dalam sebuah study yang dimuat dijurnal kesehatan di Inggris, menemukan bahwa mengkonsumsi cabai dalam keadaan segar dapat mencegah terjadinya diabetes dan kanker.

Baca Juga: Memiliki Bau Menyengat, Inilah Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Mengkudu Bagi Tubuh

Tidak sedikit manfaat yang diambil dari cabai, namun kita tetap harus memperhatikan konsumsi cabai. Tidak boleh terlalu banyak, atau manfaat cabai justru tidak akan anda dapatkan tetapi akan menimbulkan masalah lain. Segera hentikan konsumsi cabai jika seketika itu anda merasa terlalu pedas.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *