Dipercaya Kaya Manfaat, Inilah 6 Khasiat Manjur Kencur Bagi Pengobatan Tradisional

  • Bagikan
Manfaat Kencur
Manfaat Kencur

Tutwuri.id – Kencur adalah salah satu apotik hidup yang dapat di tanam di pekarangan rumah. Kencur merupakan anggota dari tanaman jenis temu temuan.

Tanaman kencur dalam pertumbuhannya tidak memerlukan tanah yang khusus. Tanaman kencur akan mudah tumbuh di atas tanah yang gembur. Dengan menggeletak saja kencur sudah dapat hidup dengan daun yang jarang.

Sebagai salah satu anggota tanaman jenis temu temuan, manfaat kencur banyak di gunakan sebagai jamu tradisional. Kencur memiliki warna kulit luar coklat dan daging yang di dalamnya berwarna putih.

Selain sering di gunakan sebagai jamu, manfaat kencur juga sering untuk penyedap rasa dalam masakan, atau bahkan juga untuk campuran bahan kosmetik.

Baca Juga: Memiliki Bau Menyengat, Inilah Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Mengkudu Bagi Tubuh

Manfaat kencur tersebut tidak terlepas dari adanya 23 zat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. maka tak heran jika sejak jaman dulu kencur sering di gunakan untuk pengobatan batuk atau juga sakit perut.

Kandungan di dalam manfaat kencur antara lain mineral, pati, minyak atsiri yang tersusun atas metal kani dan penta dekaan, sineol, asam sinamic, asam anisic, ethyl aster, kamphene, borneol, gom, alkaloid, methanol.

Dengan banyaknya kandungan senyawa kimia tersebut, jadi wajar kalau kencur sering di gunakan sebagai salah satu bahan pengobatan tradisional. Berikut ini beberapa manfaat kencur untuk menjaga kesehatan tubuh:

Sebagai obat masuk angin

Cara mengobati masuk angin dengan manfaat kencur adalah siapkan beberapa rimpang kencur, lalu cucilah sampai bersih. Kunyah kencur secara langsung dengan tambahan garam dapur, kemudian minum air hangat. Kandungan di dalam kencur akan mengobati masuk angin di dalam tubuh.

Membersihkan darah

Darah yang kotor akan membuat kita menjadi gampang terserang penyakit. Manfaat kencur dapat menjadi pembersih dalam darah. Caranya siapkan 4 rimpang kencur, 2 helai daun trengguli, dua biji cengkeh yang sudah kering dan adas secukupnya.

Cucilah semua bahan sampai bersih, lalu rebus bersama dengan satu liter air. Diamkan sampai mendidih kemudian saring. Konsumsi sebanyak 2 kali dalam sehari.

Mengatasi radang lambung

Lambung merupakan organ yang penting di dalam sistem pencernaan. Jika kondisi lambung tidak baik, maka proses penyerapan nutrisi oleh tubuh tidak akan maksimal, seperti terjadinya radang lambung.

Namun manfaat kencur dapat mengobati radang lambung, caranya siapkan 2 rimpang kencur, lalu cuci sampai bersih. Kupas kulit luar kencur sampai bersih, kemudian kunyah kencur tersebut sampai kerluar airnya. Telan air tersebut dan buanglah ampasnya. Pengobatan ini dapat di lakukan sampai di rasa sembuh.

Mengatasi keseleo

Keseleo bisa terjadi karena posisi kita yang salah saat berjalan atau juga dikarenakan jatuh. Keseleo akan mengakibatkan rasa nyeri dan linu pada bagian yang mengalami keseleo. Cara mengatasi keseleo dengan manfaat kencur adalah siapkan satu rimpang kencur dan cuci sampai bersih.

Ambil segenggam beras dan rendamlah. Kemudian tumbuk kencur dengan beras yang sudah di rendam tadi sampai halus. Balurkan pada bagian yang nyeri agar rasa nyeri akibat keseleo dapat segera hilang.

Mengobati kencing batu

Kencing batu adalah kondisi dimana di dalam ginjal mengalami pengkristalan air seni sehingga menjadi batu. Penyebabnya bisa karena sering menahan kencing sehingga air seni di dalam ginjal mengendap menjadi batu.

Cara pengobatannya dengan manfaat kencur adalah siapkan 2 rimpang kencur, lalu parut sampai halus. Peras dan ambil airnya. Tambahkan air perasan kencur tersebut ke dalam segelas air hangat.

Baca Juga: Sering Dibuang, Inilah 8 Manfaat Daun Pepaya Bagi Pengobatan dan Kesehatan Tubuh

Itulah tadi manfaat dari Kencur bagi pengobatan tradisional, ada baiknya jika setelah melakukan terapi kencur dan tidak mendapat efek segera hubungi dokter untuk melakukan konsultasi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *