Sering Disepelekan, Inilah 10 Manfaat Daun Ciplukan Untuk Mengobati Berbagai Penyakit

  • Bagikan
Manfaat Daun Ciplukan yang Jarang Diketahui
Manfaat Daun Ciplukan yang Jarang Diketahui

Tutwuri.id – Mungkin sebagain besar orang yang tinggal di desa sudah tidak asing lagi dengan tanaman daun ciplukan. Tanaman ini biasanya tumbuh di sawah atau kebun secara liar.

Dahulu tanaman ciplukan dianggap sebagai tanamann penganggu sehingga dibuang begitu saja. Kini setelah dilakukan berbagai penelitian dapat ditemukan manfaat daun ciplukan untuk kesehatan tubuh.

Tanaman ciplukan yang dianggap sebagai tanaman liar, ternyata memiliki banyak kandungan yang bermnfaat bagi tubuh terutama untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Akan tetapi justru belum banyak masyarakat yang tahu manfaat daun ciplukan untuk kesehatan.

Baca Juga: Luar Biasa, Inilah Kandungan Gizi dalam Kangkung Beserta Manfaatnya

Padahal jika dikonsumsi, daun ciplukan tergolong aman dan tidak menimbulkan efek samping. Berikut  ini akan dijelaskan manfaat daun ciplukan untuk mengobati penyakit.

1. Mengobati Flu

Manfaat daun ciplukan dipercaya mampu mengatasi flu. Caranya yaitu dengan merebus daun ciplukan dengan air, rebus hingga mendidih dan minumlah secara teratur hingga penyakit flu berangsur sembuh

2. Mengatasi radang tenggorokan

Daun ciplukan juga bisa digunakan sbagai obat untuk mengatasi radang tenggorokan. Caranya dengan merebus daun ciplukan dengan air, rebus hingga mendidih lalu angkat. Minumlah selagi hangat dan lakukan secara rutin.

3. Mengobati pertusis

Manfaat daun ciplukan yang diolah sebagai ramuan dapat digunakan untuk mengobati pertusis atau batuk rejan.

4. Mengobati Gondongan

Gondongan merupakan suatu penyakit yang menyerang kelnjar bagian bawah leher dan mengakibatkan bengkak. Seseorang yang menderita gondongan maka ia akan merasakan nyeri. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan mengkonsumsi air rebusan daun ciplukan secara rutin.

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh, Inilah Segudang Manfaat Terong Untuk Kesehatan

5. Mengobati bisulan

Daun ciplukan bermanfaat untuk mengatasi radang dan salah satunya untuk mengobati bisul. Caranya dengan mengoleskan air rebusan daun ciplukan pada bisul yang sedang meradang.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *