Sering Dijadikan Lalapan, Inilah 6 Manfaat Daun Kemangi bagi Kesehatan dan Pengobatan

  • Bagikan
Manfaat Daun Kemangi
Manfaat Daun Kemangi

Tutwuri.id – Kemangi adalah salah satu tanaman yang sering di manfaatkan pada bagian daunnya. Manfaat daun kemangi banyak di gunakan sebagai pelengkap dalam menu lalapan.

Aroma alami yang di milkinya memang sangat khas. Namun juga banyak masyarakat yang kurang menyukai daun kemangi karena memiliki rasa yang getir.

Daun kemangi adalah salah satu anggota keluarga daun mint. Banyak juga yang mengambil manfaat daun kemangi ini untuk obat. Salah satunya dalam bentuk ekstrak minyak daun kemangi yang memiliki sifat anti oksidan dan juga anti bakteri. Di dalam daun kemangi memang memiliki banyak sekali nutrisi dan senyawa yang bermanfaat.

Senyawa dan nutrisi di dalam daun kemangi antara lain vitamin K, vitamin A, mangan, magnesium, flavanoid, polifenol, minyak esensial seperti eugenol,sitronelol,linalool, citral, limonene, terpineol, beta karoten, crypyozanthin, lutein, zea xanthin, kalium, tembaga, zat besi.

Baca Juga: Umum Jadi Bumbu Dapur, Simak 5 Manfaat Lada Hitam Bagi Pengobatan Alami

Mengingat banyak sekali kandungan nutrisi dan senyawa kimia yang bermanfaat, tentunya manfaat daun kemangi dalam bidang kesehatan juga sangat beragam. Berikut beberapa khasiat daun kemangi untuk kesehatan:

Sebagai anti oksidan

Melihat masyarakat di masa kini yang telah menjadi lebih modern dan juga memiliki tingkat mobilitas yang tinggi, membuat gaya hidup mereka menjadi tidak sehat. Seperti konsumsi junk food, atau juga makanan cepat saji, merokok, yang dimana hal tersebut akan meningkatkan radikal bebas di dalam tubuh.

Efek radikal bebas sendiri akan mengakibatkan tumbuhnya sel kanker. Manfaat daun kemangi mampu melawan radikal bebas tersebut dengan sifat anti oksidan pada flavanoid. Dengan begitu maka efek radikal bebas akan di kurangi.

Sebagai anti inflamasi dan anti bakteri

Manfaat daun kemangi selanjutnya adalah sebagai anti inflamasi dan juga anti bakteri. Kandungan di dalam daun kemangi berupa minyak esensial, eugenol, sitronelol, linalool, citral, limonene dan terpinol yang membuat daun kemangi memiliki sifat anti infalamsi.

Menjaga kesehatan mata

Mata yang merupakan salah satu organ vital, harus selalu di perhatikan kesehatannya. Jika sampai kesehatan mata terganggu maka akan menurunkan kinerja mata yang membuat jarak pandangan menjadi berkurang. Kandungan vitamin A di dalam daun kemangi mampu menjaga kesehatan mata agar tidak terjadi gangguan yang tidak diinginkan.

Mencegah menopause dini

Khasiat Daun Kemangi
Khasiat Daun Kemangi

Manfaat daun kemangi selanjutnya adalah untuk mencegah menopause dini. Menopause adalah kondisi dimana wanita sudah tidak dapat mengeluarkan darah menstruasi yang membuat berhentinya kemampuan untuk menghasilkan sel telur.

Dalam masa menopause wanita sudah tidak bisa hamil lagi. Kandungan yang terdapat di dalam daun kemangi berupa zat triptofan dipercaya dapat membantu mencegah menopause dini. Kandungan zat triptofan juga mampu menghambat proses pengkriputan kulit dan juga mengangkat sel kulit mati.

Anti radang

Manfaat daun kemangi juga untuk anti radang. Kandungan zat cineole myrcene dan eugenol berperan aktif di dalam tubuh sebagai anti biotic alami. Sifat anti biotic itulah yang membuat pencegahan terhadap terjadinya peradangan pada tubuh.

Menjaga kesehatan jantung

Jantung merupakan organ vital yang harus di lindungi kesehatannya. Jika saja jantung mengalami gangguan maka akan sangat berbahaya. Peran jantung sendiri adalah sebagai pemompa darah yang akan mengalir ke seluruh bagian tubuh.

Di dalam darah tersebut juga terdapat oksigen dan nutrisi yang berguna untuk menambah energy. Manfaat daun kemangi dapat menjaga kesehatan jantung dengan kandungan beta karoten dan magnesium yang sangat tinggi. Sehingga kesehatan jantung akan tetap terjaga.

Baca Juga: Dibalik Rasanya yang Pedas, Inilah 5 Manfaat Cabai Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Dengan banyaknya manfaat daun kemangi tentu membuat anda tidak akan enggan kembali menyantap herbal sehat satu ini saat makan.

Perlu diingat jika digunakan sebagai pengobatan herbal, pastikan tetap melakukan konsultasi kepada dokter atau tenaga kesehatan lainnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *