Umum Jadi Bumbu Dapur, Simak 5 Manfaat Lada Hitam Bagi Pengobatan Alami

  • Bagikan
Manfaat Lada Hitam
Manfaat Lada Hitam

Tutwuri.id – Siapa yang belum kenal dengan manfaat lada hitam, bumbu dapur yang biasanya sering kita pakai ini ternyata mempunyai manfaat lebih.

Selain sebagai penambah cita rasa pedas pada makanan lada hitam juga menjadi primadona dikawasan eropa, disana lada hitam digunakan untuk campuran minuman untuk penghangat tubuh.

Manfaat lada hitam selain untuk bumbu dapur juga berguna untuk kesehatan, memang belum banyak yang mengetahui hal ini. Namun sudah sejak zaman dahulu jika lada hitam masuk dalam daftar ramuan obat.

Didalam laga hitam terdapat kandungan piperin, kandungan inilah yang membuat lada hitam memiliki cita rasa pedas. Senyawa piperin memiliki sifat yang sama dengan capcaisin, senyawa yang ada pada cabai.

Baca Juga: Dibalik Rasanya yang Pedas, Inilah 5 Manfaat Cabai Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Hampir semua negara menggunakan dan mengambil manfaat lada hitam, karena itu lada hitam menjadi komoditas yang sudah mendunia.

Selain untuk rempah-rempah lada hitam digunakan untuk pengobatan, beberapa penelitian sudah membuktikan hal sebut, diantaranya :

Sebagai obat anti peradangan

Piperin yang terkandung didalam lada hitam selain memiliki fungsi sebagai pemberi rasa pedas juga berfungsi sebagai anti radang pada saat proses inflamasi akut ditahap awal. Sebuah penelitian membuktikan hal tersebut terjadi. Potensi yang dimiliki dari manfaat lada hitam ini sangat berguna bagi tubuh.

Dapat mengatur gula darah

Khasiat Lada Hitam
Khasiat Lada Hitam

Lada hitam memiliki minyak yang dapat diambil dan diolah. Minyak lada hitam ini memiliki kemungkinan mencegah terjadinya diabetes tipe 2 serta mampu mengontrol tekanan darah pada penderita hipertensi.

Tahun 2013 sebuah penelitian lanjutan menjabarkan bahwa kandungan minyak yang terdapat dalam lada hitam mencegah proses enzim pemecah pati menjadi glukosa alami.

Penderita diabetes tipe 2 dan pengidap hipertensi sangat memerlukan proses tersebut karena dapat membantu mengatur kadar gula darahserta menunda adanya penyerapan glukosa.

Membantu manula mengatasi masalah sulit menelan makanan

Sulit menelan makanan hal yang lazim terjadi pada manula dan pasien pascastroke. Hal ini kerap menimbulkan masalah. Namun, beruntung karena ada penelitian lain yang menyebutkan jika minyak yang terkandung didalam lada hitam dapat mengatasi masalah tersebut.

Sulit menelan dikarenakan refleks otot yang membantu proses menelan tidak bekerja secara maksimal. Agar kembali seperti semula maka perlu adanya rangsangan dari luar.

Sementara minyak lada hitam mampu mengeluarkan aroma khas sehingga dapat merangsang refleks otot dan membantu proses menelan makanan. Caranya cukup mudah kita tinggal meletakkan minyak lada hitam ditempat makan agar terhirup sebelum makan.

Mampu mengendalikan tumor dan kanker

Meskipun ada penelitian yang membuktikan hal ini terjadi tetapi studi tersebut belum diteleti secara mendalam pada tubuh manusia.

Objek penelitian adalah hewan, tetapi berhasil membuktikan jika minyak lada hitam mampu mencegah dan mengendalikan adanya perkembangan tumor pada hewan.

Studi lanjutkan juga dilakukan untuk mengetahui manfaat lada hitam lebih jauh. Hasilnya, piperin mempunyai potensi yang besar untuk mencegah perkembangan sel kanker payudara.

Dapat membunuh bakteri E. Coli bakteri stafilokokus 

Bakteri E.coli adalah bakteri yang menyebabkan penyakit thypus. Bakteri ini bisa menempel pada makanan, atau tangan dan masuk melalui mulut.

Sedangkan bakteri stafilokokus adalah bakteri penyebab bisul. Kedua bakteri tersebut dapat dibunuh oleh minyak yang dihasilkan lada hitam.

Manfaat lada hitam untuk membunuh bakteri tersebut terjadi karena sifat lada hitam yang antibakteri.

Baca Juga: Dipercaya Kaya Manfaat, Inilah 6 Khasiat Manjur Kencur Bagi Pengobatan Tradisional

Begitu banyak manfaat lada hitam, selain sebagai bumbu dapur lada hitam juga menghasilkan minyak dan dapat digunakan sebagai ramuan ampuh untuk mengobati serta mencegah terjadinya beberapa penyakit. Beruntung kita hidup di Indonesia sebagai salah satu penghasil lada kwalitas baik.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *