Selain Pelengkap Masakan, Inilah 5 Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan Tubuh

  • Bagikan
Manfaat Herbal Daun Salam Untuk Beragam Pengobatan
Manfaat Herbal Daun Salam Untuk Beragam Pengobatan

Tutwuri.id – Daun salam biasa dimanfaatkan sebagai bahan penyedap masakan. Namun, siapa sangka bahwa manfaat daun salam bagi kesehatan tubuh sangatlah banyak.

manfaat tersebut antara lain mengatasi tekanan darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol dan masih banyak lainnya. Untuk mengetahui manfaat daun salam bagi kesehatan secara lebih detail, simak informasinya berikut ini.

1. Manfaat daun salam untuk melancarkan pencernaan

Daun salam mengandung berbagai mineral dan vitamin yang mampu mengatasi masalah penceranaan. Daun salam juga berfungsi sebagai obata masalah pencernaan seperti diare dan sakit perut. Caranya, minum air rebusan daun salam yang dicampur dengan sedikit garam ketika pencernaan mengalami gangguan.

Baca Juga: Sering Disepelekan, Inilah 10 Manfaat Daun Ciplukan Untuk Mengobati Berbagai Penyakit

2. Manfaat daun salam untuk menurunkan tekanan darah

Manfaat daun salam bagi kesehatan selanjutnya adalah untuk menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan daun salam mengandung mineral penting yang mampu melancarkan peredaran darah. Dengan demikian, tekanan darah dapat diturunkan secara perlahan.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, buatlah air rebusan yang terbuat dari daun salam dan daun sambiloto. Minum ramuan ini rutin setiap hari dan hentikan ketika tekanan darah mencapai angka normal.

3. Manfaat daun salam untuk mengobati asam urat

Bentuk Tanaman Daun Salam
Bentuk Tanaman Daun Salam

Asam urat merupakan penyakit yang timbul akibat meningkatnya kadar asam urat dalam tubuh. Asam urat yang menumpuk dapat membentuk kristal dan menyebabkan peradangan pada sendi. Karena itulah, asam urat dapat menimbulkan nyeri pada persendian.

Untuk mengobati asam urat dengan menggunakan daun salam, cukup minum air rebusan daun salam secara rutin. Selain dapat menurunkan kadar asam urat, cara ini juga dapat meringankan rasa sakit persendian akibat peradangan asam urat.

4. Manfaat daun salam bagi kesehatan mata

Daun salam mengandung senyawa penting yang membuat mata tetap sehat. Cara memanfaatkan daun salam untuk menjaga mata dan mengobati mata dari iritasi adalah dengan mengusap mata menggunakan air rebusan daun salam yang telah dingin. Lakukan cara ini setiap hari setelah bangun tidur hingga mata sembuh.

5. Manfaat daun salam untuk menurunkan kolesterol

Manfaat daun salam bagi kesehatan yang terakhir adalah untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Air rebusan daun salam mampu mengurangi kadar kolesterol darah dalam tubuh.

Baca Juga: Luar Biasa, Inilah Kandungan Gizi dalam Kangkung Beserta Manfaatnya

Dengan demikian, secara tak langsung daun salam juga mampu mencegah terjadinya jantung coroner akibat menumpuknya kolesterol jahat pada darah. Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, Anda setidaknya perlu meminum 2 gelas air rebusan daun salam setiap harinya.

Demikianlah manfaat daun salam bagi kesehatan yang harus Anda ketahui. Namun, Anda harus ingat bahwa manfaat tersebut hanya bisa Anda dapatkan jika meminum air rebusan daun salam secara rutin.  Daun salam yang telah direbus juga tak boleh direbus kembali keesokan harinya karena daun salam yang telah direbus kandungan mineral pentingnya sudah hilang.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *