Kaya Akan Protein, Inilah 5 Manfaat Mengkonsumsi Telur Bagi Kesehatan

  • Bagikan
5 Manfaat Utama Mengkonsumsi Telur
5 Manfaat Utama Mengkonsumsi Telur

Tutwuri.id – Telur merupakan salah satu menu yang dapat di konsumsi untuk menjaga kesehatan. Jika dalam mengkonsumsi-nya ke takaran yang pas, maka telur tak akan mengancam kesehatan. Manfaat konsumsi telur bagi kesehatan cukup baik, mengingat terdapat beberapa kandungan nutrisi yang penting di dalamnya.

Biasanya telur menjadi lauk-pauk serta penyempurna menu sarapan pagi. Ada beragam cara untuk mengolah telur menjadi makanan yang lezat seperti, dengan cara direbus, digoreng, dijadikan telur dadar atau pun telur mata sapi.

Bahkan ada juga yang mengkonsumsi telur untuk dijadikan sebuah menu untuk menurunkan berat badan. jika digali lebih dalam lagi, manfaat konsumsi telur bagi kesehatan cukup berlimpah.

Baca Juga: Selain Pelengkap Masakan, Inilah 5 Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan Tubuh

Telur  dikenal memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, selain itu diperkaya dengan aneka nutrisi yang baik untuk tubuh apabila di-konsumsi dalam jumlah yang tepat atau tidak berlebihan. Lalu apa saja manfaat konsumsi telur yang bisa diperoleh? Berikut uraiannya!

1. Mencegah kanker payudara

Dewasa ini semakin banyak saja para wanita yang terserang penyakit mematikan berupa kanker payudara. Penyakit ini pun tak segan-segan dalam mengancam kesehatan.

Salah satu nutrisi dalam telur yang bernama kolin dapat memberikan penangkal kanker payudara. Sehingga konsumsi telur dapat menambah asupan kolin dalam tubuh yang berperan untuk memerangi kanker payudara pada wanita.

2. Dapat menutrisi tulang

Tentu bukan suatu rahasia lagi jika dalam telur terdapat kandungan protein yang sangat tinggi. Manfaat konsumsi telur yang kaya akan protein tersebut dapat memengaruhi tulang, selain protein dalam telur juga tersaji asupan fosfor yang mampu menguatkan tulang dan mencegah adanya tulang yang keropos.

3. Memengaruhi proses metabolisme tubuh

Telur Ayam, Makanan yang Kaya Kandungan Nutrisi
Telur Ayam, Makanan yang Kaya Kandungan Nutrisi

Telur memang sangat kaya akan nutrisi, salah satunya ialah riboflavin yang mirip dengan vitamin B2. Fungsi riboflavin ini untuk memperlancar jalannya metabolisme dalam tubuh. Sehingga manfaat konsumsi telur yang satu ini memang tidak main-main.

4. Memberikan asupan nutrisi pada mata

Menu telur juga merupakan sumber vitamin A, sehingga berperan sangat penting bagi mata. Sebab dapat mempertajam penglihatan serta menutrisi mata Kita.

Baca Juga: Sering Disepelekan, Inilah 10 Manfaat Daun Ciplukan Untuk Mengobati Berbagai Penyakit

5. Menurunkan berat badan

Manfaat konsumsi telur yang lainnya ialah dapat membantu pelaksanaan program diet. Dalam telur tersaji kalori yang cukup rendah, yakni hanya 80 kalori serta dengan kadar lemak yang juga terbilang rendah. Sehingga telur merupakan menu yang cocok untuk mendukung kegiatan diet Anda.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, telur merupakan salah satu asupan gizi yang terbilang baik apabila dikonsumsi dalam masa yang tepat. Manfaat konsumsi telur yang positif ini bisa diperoleh apabila Anda masih mengkonsumsi telur dalam jumlah yang wajar. Selain itu, olah telur dengan teknik yang tepat seperti dengan merebusnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *