Menko PMK Himbau Daerah Prioritaskan Sekolah PTM: Kalau Aman Maka Laksanakan Itu

  • Bagikan
Menko PMK Muhadjir Effendy
Menko PMK Muhadjir Effendy, img: Twitter/kemenkopmk

Tutwuri.id – Menteri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy kembali ingatkan pemerintah daerah untuk memprioritaskan sekolah Pertemuan Tatap Muka (PTM) jika memungkinkan.

DItemui disela kunjungan ke Pondok Pesantren Tri Bhakti Al-Falah Yukum Jaya dan SMP Muhammadiyah Boarding School Poncowati Kabuten Lampung tengah, Menteri Muhadjir meminta daerah yang aman untuk dapat segera menggelar sekolah tatap muka.

Karena bagaimanapun dengan kondisi yang ada saat ini belajar tatap muka masih dibutuhkan. Masih sangat penting. Karena itu kalau tatap muka masih sangat dimungkinkan dan sangat aman, maka laksanakan itu (proses pembelajaran tatap muka),” ucap Muhadjir dilansir dari detik.com.

Baca Juga: Percepat Sekolah PTM, Bupati Bandung Usulkan Vaksinasi Siswa SD, SMP, dan SMA

Ia juga mengingatkan bahwa kegiatan belajar mengajar secara daring dapat dilakukan apabila didaerah atau sekitar wilayah terdampak pandemi Covid-19.

“Jangan ikut-ikutan kemudian semuanya berjalan daring. Daring itu yang terpaksa dalam suasana Covid-19 yang sangat mengancam anak-anak sekolah. Tapi kalau betul-betul bisa dipastikan aman sebaiknya tetap tatap muka,” ujarnya.

Mantan Menteri Pendidikan Pendidikan yang menjabat sejak 2016 hingga 2019 itu juga menyindir pemerintah daerah yang terkesan cari aman dan tidak memperdulikan sekolah.

“Saya minta pemerintah daerah jangan hanya cari aman, yang penting enak, enak daring gak usah ngurus sekolah. Itu gak bagus. Jadi kalau sekolah bisa menyelenggarakan pendidikan tatap muka secara aman itu sebaiknya ya pilih tatap muka,” tegasnya

Didampingi Musa Ahmad selaku Bupati Lampung Tengah beserta jajaran Pemkab, Menko PKM juga memastikan kegiatan belajar mengajar tatap muka berjalan secara baik dengan mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

Baca Juga: Update! Jadwal Lengkap Tes Ujian Seleksi PPPK Guru 2021: Pendaftaran Ditutup 22 Juli 2021

Dalam kesempatan yang sama, Menko Muhadjir juga memberikan apresiasi kepada jajaran pemerintah kota Kabutapen Lampung tengah yang memberikan izin untuk menggelar sekolah PTM di wilayahnya.

Selain itu, ia menyebut dengan adanya sekolah PTM didaerah dapat mampu mengejar ketertinggalan sektor pendidikan dari kota besar lainnya.

“Kalau daerah bisa memanfaatkan, ini peluang untuk mengejar ketertinggalan di bidang pendidikan,” tutupnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *