Misi ke Bulan, Nasa Rencanakan Terbangkan Roket dengan 3 Astronaut Manekin

  • Bagikan
Pengerjaan Roket Artemis 1 Misi ke Bulan NASA
Pengerjaan Roket Artemis 1 Misi ke Bulan img: nasa.gov

Tutwuri.id – Nasa kembali rencanakan misi ke Bulan dalam waktu dekat. Sebagai persiapan, 3 Astonaut manekin akan dijadikan bahan studi dengan dikirimkan terlebih dahulu.

Dengan mengemban misi Artemis 1 NASA akan kirim 3 manekin yang terdiri satu laki-laki dan dua perempuan dengan model nyata.

Dari informasi yang dirilis, manekin tersebut dibuat khusus dengan bahan yang mencerminkan manusia mulai dari kulit, tulang, hingga organ tubuh yang tampak nyata.

Baca Juga: Space Perspective Jual Tiket Wisata ke Tepi Luar Angkasa dengan Ongkos Rp 1,8 Miliar Per Orang

Tujuan penerbangan 3 manekin tersebut berfungsi agar para ilmuwan dapat mengukur dan mengambil data penting terkait radiasi sebelum memberangkatkan Astronaut manusia yang direncanakan tahun 2023.

Selasa 29 Juli 2021 lalu, NASA juga mengumumkan nama komandan manekin yang dipih dari hasil voting publik yang dilakukan sebelumnya.

Mengangkat nama Komandan Moonikin Campos yang diambil dari nama belakang Arturo Campos orang yang membantu mengarahkan Apollo 13 ke bumi pasca kegagalan tangki oksigen.

Selain Campos, dua nama manekin Astronaut wanita yang ikut yakni Helga dan Zohar yang sudah diumumkan sejak 2020 lalu.

Selain membawa manekin, Pesawat ini juga akan diisi dengan perlengkapan asli yang termasuk peralatan penunjang kehidupan hingga pakaian Astonaut terbaru yang diberinama AstroRad.

Manekin yang terbang juga akan dipasang beragam sensor yang mampu memonitor suasana dalam kabin hingga pancaran radiasi.

Penggunaan manekin perempuan dalam misi kali ini juga untuk mengukur taraf radiasi yang terjadi pada perempuan.

Baca Juga: Cuaca Panas Ekstrim Landa Laut Pasifik, Ratusan Kerang Ditemukan Terpanggang di Tepi Laut

Hal ini diambil lantaran perempuan cenderung lebih peka terhadap paparan radiasi dibandingkan dengan laki-laki pada umumnya.

Misi kali ini juga sebagai pembuktian Rompi baru AstroRed yang dikembangkan oleh NASA dan melakukan uji kecocokan, mobilitas dan kenyamanan Astronaut.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *