Mengenal Sarcosuchus, Salah Satu Spesies Buaya Purba Terbesar di Dunia

  • Bagikan
Ilustrasi Gambar Sarcosuchus 
Ilustrasi Gambar Sarcosuchus 

Tutwuri.id – Jika menyebut Sarcosuchus tentu tidak bisa lepas dari jenis buaya dengan ukuran raksasa yang pernah hidup di bumi jutaan tahun yang lalu.

Jika dibandingkan dengan jenis buaya terbesar saat ini yang dipegang oleh buaya air asin sepertinya tak lebih dari separuhnya saja.

Diketahui buaya air asin memiliki panjang antara 3,5 hingga 5,2 meter. Sedangkan buaya purba Sarcosuchus memiliki panjang hingga 12 meter.

Baca Juga: Inilah Titanoboa, Ular Purba Terbesar di Dunia: Panjang hingga 13 meter dengan Bobot 1,25 Ton

Penasaran dengan sosok buaya purba berukuran raksasa Sarcosuchus ini, simak ulasanya yang dihimpun dari BBC Science Focus Magazine.

Habitat Alami Sarcosuchus

Sarcosuchus diperkirakan hidup pada awal peiode Cretaceous atau pada 113 juta tahun yang lalu dimana hewan ini tersebar di wilayah yang sekarang berada pada kawasan Niger, Afrika Barat.

Menurut pemaparan dari Mark Young seorang ahli paleontologi di University of Edinburgh menyebut bahwa buaya ini hidup pada sungai dengan ukuran besar.

“Beberapa spesimen berasal dari Tunisia menunjukkan bahwa mereka pergi ke delta sunga,” tulis Mark.

Buaya Raksasa Selain Sarcosuchus

Seperti yang disebutkan sebelumnya, buaya purba ini mampu tumbuh dengan ukuran hingga 12 meter. Selain Sarcosuchus, tampaknya juga ada buaya lain dengan ukuran yang sama bahkan bisa jadi lebih besar.

“Ada Deinosuchus dari Cretaceous akhir yang mungkin akan menyaingi ukuran Sarcosuchus,” ucap Mark.

Selain itu, di wilayah Amazon juga pernah terdapat jenis Caiman (kerabat buaya) dengan ukuran raksasa yang  diperkirakan hidup pada 5-10 juta tahun yang lalu.

Buaya Moderen vs Sarcosuchus

Fosil Sarcosuchus Museum National d'Histoire Naturelle, Paris, Prancis
Fosil Sarcosuchus Museum National d’Histoire Naturelle, Paris, Prancis

Berbeda dengan jenis buaya yang hidup pada zaman sekarang, Sarcosuchus  memiliki ukuran tubuh yang sangat besar dengan panjang hingga 13 meter.

Selain itu buaya purba ini tidak memiliki sendi bola yang berada pada antara masing-masing tulang belakang seperti yang umum ditemukan pada buaya moderen.

Baca Juga: Arkeolog Inggris Berhasil temukan 200 Kerangka Manusia Dari Abad ke-6 di Pantai Wales

Terakhir Sarcosuchus sangat berbeda dengan buaya saat ini, hal ini dikarenakan buaya purba ini tidak memiliki turunan atau hasil evolusi secara langsung dari jenis buaya purba ini.

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *