Teleksop Radio Australia Deteksi Sinyal Dekat Galaksi Bima Sakti, Bukti Alien Nyata?

  • Bagikan
Teleskop Radio ASKAP Tangkap Sinyal Radio Hantu Dekat Galaksi Bima Sakti
Teleskop Radio ASKAP Tangkap Sinyal Radio Hantu Dekat Galaksi Bima Sakti

Tutwuri.id – Para Ilmuwan tampaknya dibuat kebingungan pasca teleksop radio Australia berhasil menangkap sinyal aneh yang muncul disekitar galaksi bimasakti.

Dalam keterangan yang dirilis oleh The Astrophysical Journal, sinyal yang muncul dalam beberapa waktu tersebutberbeda dengan tanda energi yang pernah ditangkap dan dipelajari sebelumnya.

Ilmuwan yang terlibat meyakini bahwa tanda tersebut berbeda atau tidak sesuai dengan benda-benda langit yang sebelumnya telah didata.

Baca Juga: Perang Luar Angkasa, China Berusaha Saingi Amerika: Kirim Astronout hingga Bangun Pangkalan di Mars

Sumber energi yang tertangkap tersebut ditandai dengan  ASKAP J173608.2−321635 yang berhasil ditangkap oleh Australian Square Kilometer Array Pathfinder (ASKAP).

Teleksop radio yang terletak di pedalaman Australia tersebut berhasil menangkap sinyal antara April 2019 serta Agustus 2020.

Dalam keteranganya, para peneliti mencatat kemunculan sinyal yang tidak diketahui tersebut sebanyak 13 kali dalam intensitas kemunculan beberapa minggu.

Dalam rilisnya, disebutkan juga bahwa sinyal tersebut muncul dan menghilang tanpa bisa diprediksi dan sepertinya tidak muncul dalam pengamatan teleskop radio lain sebelum survei ASKAP.

Survei sebelumnya juga telah mendeteksi bintang bermassa rendah yang secara berkala menyala dengan energi radio, akan tetapi bintang yang menyala tersebut biasanya memiliki rekan sinar-X, tulis para ilmuwan.

Para ilmuwan juga sempat mencocokkan dengan beberapa jenis bintang bermasa rendah seperti pulsar dan Magneter.

Namun hasil yang didapatkan  ASKAP J173608.2−321635 berbeda dengan dua bintang mati tersebut.

Ilmuwan tampak dibuat bingung dengan kemunculan sinyal radio tersebut. Beberapa mengatakan bahwa sinyal tersebut adalah hantu radio.

Baca Juga: Misi ke Bulan, Nasa Rencanakan Terbangkan Roket dengan 3 Astronaut Manekin

Akan tetapi, tetap saja bahwa sinyal radio tersebut masih menjadi sebuah misteri dan berharap teleskop radio di masa depan dapat menguak misteri antariksa tersebut.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *